Seperti kebanyakan orang, tanggal
merah hampir selalu gue isi dengan berkumpul bersama keluarga. Kalo nggak
liburan ke daerah wisata di sekitar Jakarta, substitusi yang paling mudah tentu
saja: MALL.
Libur Tujuh Belasan kemaren,
contohnya. Karena males macet-macetan ke Bandung atau Puncak, tapi tiket
pesawat juga naadjubile harganya kalo ke Singapore atau Malaysia, akhirnya gue
dan keluarga memutuskan untuk bertandang ke mall paling hip di Jakarta saat
ini.
AEON Mall.
Lokasinya di BSD, yang mana
jauuuh amit-amit sama rumah gue. Tapi berhubung diiming-imingi berbagai jenis
Sushi yang enak dan murah, gue mengiyakan ajakan bokap.
Sampe di sana, yang pertama kali
muncul dipikiran gue adalah… GEDE AJUN. Gile, kalo dihukum lari ngelilingin
area AEON sekali aja, kayaknya bakalan mati sih. Atau seenggaknya bengek. Atau
mati karena bengek.
Begitu masuk mall-nya, lautan
manusia langsung menyambut gue. Astaga. Ini ada bagi-bagi mie instan gratis apa
gimana? Kok penuh amaaat? *lepasin Raja Singa biar pada pulang*
Gue dan Roy, yang lagi laper
berat, udah lemes ngeliat ramenya, tambah manyun lagi pas tau antrian di bagian
Sushi udah kayak wahana Dufan pas liburan sekolah.
But what else could we do?
Dengan langkah gontai, gue dan
Roy ngambil posisi di bagian paling ujung antrian, kemudian menunggu. Setelah
sepuluh menit, hlooo kok majunya cuma seiprit? Gue ngintip ke depan, dan
ternyata, banyak yang nyerobot antrian. Ooo, pantesan nggak jalan-jalan.
Kepingin banget nyamperin yang
nyelak, trus jambakin rambutnya sampe gimbal. Gusti, ini di sini ada dua orang
yang perutnya udah hampir nempel sama punggung sanking laper, tapi tetep tertib
ngantri lhooo. Situ kok enak banget tanpa rasa bersalah nyerobot?
Emang, ngantri lama tuh bete.
Pegel. Sebel.
Tapi mbok ya belajar menghormati
dan empati sama yang udah berdiri dan nunggu dari tadi. Ikutin aturan dong ah.
Tampangnya terpelajar kok nggak ngerti konsep antri. Kalo maunya cepet dan nggak
pake pegel, jangan beli makanan di sini. Ke warteg aja. Langsung duduk, pesen,
makan. Kagak pake ngantri.
Sampe sekitar setengah jam
kemudian, akhirnya gue sampe di depan mbak kasirnya. Ketika kelar bayar, gue masih
kudu nyari microwave, manasin bento,
kemudian nyari meja dan tempat duduk yang kosong. Sebenernya simpel. Tapi
dengan keramaian seperti ini, rasanya mau makan siang aja kudu berjuang abis-abisan.
Biar cepet, akhirnya gue dan Roy
bagi tugas. Doi, nyokap, dan Owen manasin makanan di microwave, bokap beli
minum, sedangkan gue nyari meja. Puji Tuhan, namanya rejeki anak soleha, pas
jalan, gue ketemu pasangan yang baru banget kelar makan. Mereka lagi bebenah,
dan siap-siap mau pergi. Sayangnya, pas jalan, ingetnya cuma bawa tas. Sampah makanannya
ditinggal begitu aja di atas meja.
Emang, beresin sampah makanan
sendiri tuh terasa ribet dan buang
waktu. Lagian, pasti udah ada kan yang digaji buat bersih-bersih?
Tapi mbok ya sadar, pak, buk.
Pegawai restoran cepat saji biasanya lebih banyak dikonsentrasikan di balik
meja kasir dan dapur. Udah gitu, tujuan alas dan alat makan dibuat dari plastik
ya supaya pengunjung bisa langsung membuang sampah makanannya ke tempat sampah.
Seandainya semua yang makan bertanggung jawab sama sampahnya masing-masing,
pegawai nggak perlu curi-curi keluar untuk bersihin meja, karena mejanya bisa
langsung dipake sama tamu lain. Lagian nggak sampe dua menit kok, jarak dari
meja ke tempat sampah besar. Kenapa susah amat, sih?
Berhubung gue cuma kepingin cepet
makan, I didn’t say a word. Gue cuma
menatap pasangan muda itu dengan penuh cinta, sambil nyumpahin semoga sepulang
dari sini, mereka kelindes gajah. Setengah gondok, gue bersihin mejanya, dan
gue buangin sampah dari makanan mereka.
Waktu meja udah bersih, gue duduk
sambil nungguin bokap, nyokap, Owen, dan Roy. Sebenernya kami berlima,
sedangkan kursi di meja gue cuma ada empat. Tapi berhubung meja di sekitar gue
udah penuh, gue membatalkan niat untuk mencari kursi tambahan. Nggak apa
apalah, nanti gue duduk berdua aja sama nyokap. Langsing ini. (CONGKAAAK!
*kemudian disamber petir*)
Pas lagi mikir, tiba-tiba, sebuah
kursi yang persis di hadapan gue, dibalik dan diangkat sama seorang mbak-mbak.
Gue reflek melongo, tapi kemudian sadar dan negur doi sambil setengah teriak,
“Mbak! Itu ada orangnya!”
Si Mbak kaget, ngeliatin gue
selama sepersekian detik, kemudian langsung ngembaliin kursi gue pada
tempatnya, lalu ngacir tanpa mengucapkan sepatah katapun. Gue melongo. Lagi.
Seriously?
First of all, dese bahkan nggak permisi sama gue waktu mau ngambil
itu kursi. Abis itu, begitu gue tegur, nggak ada kata yang terucap sama sekali.
Boro-boro maaf. Datang tak diundang, pulang tak diantar. Persis Jelangkung.
Kejadian ini keulang lagi waktu
gue mau makan malem di food court. Gue udah sesempitan duduk berduaan
sama Roy di satu bangku, abis itu, seorang encim-encim dengan santai membalik
kursi di meja gue, untuk dihadapkan ke meja dia. Tanpa permisi.
Bahkan setelah gue teriak, tetep
aja si encim (pura-pura) menulikan telinga. Kudu dicolek dulu sama Roy baru
ngeh gue lagi ngomong sama doi. Setelah itu kursi gue dibalikin, dan lagi-lagi,
tanpa minta maaf, langsung ngeloyor pergi.
Emang sih, kursinya saat itu
kosong.
Tapi bukan berarti nggak ada yang punya, kan? Apalagi ada orang yang duduk di meja itu. Susahkah, bilang permisi
dan tanya apa kursi itu dipake? Gue nggak gigit, kok. Kasian amat sik,
cakep-cakep begini dianggep arca batu. *kemudian disamber geledek*
I mean, what’s wrong with people nowadays?
Menyerobot antrian tidak lagi terasa
memalukan. Merasa sudah berstatus majikan, membersihkan sampah makanan di meja
tidak lagi perlu dilakukan. Kesopanan pun tidak perlu dijaga, selama hanya
orang asing yang di hadapan.
Gue pulang dari AEON dengan
sejuta tanya. Juga dengan persetujuan sebuah kalimat yang pernah gue denger
dari film Kingsman: The Secret Service.
![]() |
source |
Karena nggak peduli apa merek tas atau seberapa mahal baju anda, rasanya tetap nol besar kalo yang make nggak punya tata krama.
Sedih deh ya baca ini. Segitunya banget ya kehidupan sampe orang2 jadi dingin dan keras macam batu gitu. Image orang Indonesia yang ramah itu kayaknya emang berlaku cuma buat bule2 turis :|
ReplyDeleteHi Sarah, udah berapa kali main2 kesini tapi baru kali ini ninggalin comment hehe..
ReplyDeleteBeen there @ aeon waktu baru buka seminggu, Lucky me ga nemu yg aneh2 walopun emang antre nya dahsyat.. Akhirnya beli sushi, bayar dan beli kecap, trus makan di Food court ujung satunya. Lebih jauh tapi lebih damai. Belakangan ternyata disono rame juga :(
Hahaha emosi banget yaaak! Gw juga tau banget rasanya gimana pas liat kelakuan orang2 gatau aturan ini. Dulu nggak sekolah apa gimana ya... *duh jahat* hahahahaha
ReplyDeleteFradita : Iyah, makin ke sini, kayaknya orang-orang makin mentingin dirinya sendiri ya :( Nggak abis pikir juga kadang, kok bisa segitu egoisnya...
ReplyDeleteTania : Hi Tania! Salam kenal ya! :D
Iyaah, sekarang AEON ramenya banget-banget. Aku ke sana pas long weekend (di mana banyak juga orang yang ke luar kota / negeri) aja segitu padetnya. Nggak kebayang kalo weekend biasa >.<
Aurelia : Exactly my thoughts. Kesel, sambil mikir, "dulu nggak diajarin apa ya sama orang tuanya..." *lebih jahat*
iih level ngeselinnya emang bener minta dijambak sar, haha.
ReplyDeleteorang Indonesia terlalu dimanja dengan adanya pegawai yang membersihkan sisa makanannya, jadinya ga dididik buat bersih. beda sama orang Jepang yang abis makan di food court makanannya dibuang sendiri, kalau makan di restoran sampe balikin mangkok ke counternya lagi, plus waktu itu mereka ngelap meja sendiri coba. beeh salut!
Kak Presy : IYAAAH! *masih KZL*
ReplyDeleteBener banget, mentalnya majikan sama bos semua. Sampe sampah dan bungkus makanan sendiri aja kudu orang lain yang bersihin. Ckckck.
Yang kayak begitu bangga foto-foto di IKEA? BHAY.